Page

6 Agu 2012

About "Ball Hogging"


Kevin Martin, Houston Rockets Guard


Ball Hog, simpelnya  adalah istilah dalam dunia basketball untuk pemain yang rakus. Atau kalo dipanjangin, pemain yang biasanya ngontrol bola paling dominan dan jarang ngoper walaupun ada temen yang wide-open. Biasanya pemain yang "ball hogging" sangat berambisi dengan statistik, terutama point dan (kadang) rebound. "Terus? apa salah kalo jadi pemain yang ball hog?" Ya nggak, secara teknis nggak. karena dalam peraturan nggak ada rule ttg ball hog. Tapi bagi pemain lain, coach, dan penonton, "ball hogging" di anggap sebagai kunci menuju kekalahan :b

Biasanya, biasanya ya, pemain yang paling rakus di lapangan itu seorang guard, terutama shooting guard. Entah karena merasa paling jago scoring ato apa --". Contoh bagusnya adalah Kevin Martin. Dari sisi scoring doi emang jago banget, tapi doi kadang maksa banget padahal ada pemain lain yang wide open. Bukti? liat aja statistiknya. Seorang ball hog sejati sangat jarang membuat assist dan punya FG yang buruk.
 Tapi gak jarang juga seorang point guard yang tugasnya distribusiin bola malah jadi ball hog paling ganas di lapangan. Yang kayak gini biasanya rawan bagi tim yang pentolannya adalah seorang scoring point guard. Juga gak jarang seorang center yang jadi ball hog, contoh aja Wilt Chamberlain pas masih rookie.

"Ball Hogging" dalam dunia basket sudah seperti penyakit. Malahan rata-rata pemain yang ball hog punya mindset yang agak aneh. "Terus? apa jadi ball hog itu sudah pasti salah?" Sebenarnya nggak, nggak sepenuhnya salah, nggak sepenuhnya bener. Kalo aja posisi pemain tsb. ada di sebuah tim yang rata-rata teammatenya gak punya skill offense yang bagus, wess... silahkan. Ato emang 1 pemain tsb. diarahin oleh coach untuk jadi mesin pencetak score utama, seperti yang terjadi pada Michael Jordan tahun 80an & Wilt Chamberlain, wess.. oke oke aja~.

Michael Jordan

Jadi kesimpulannya, Ball Hogging itu aman dan bagus kalo suasana, waktu, dan posisinya tepat plus harus punya skill offense yang "waah" biar gak bikin malu wkwk. Gak selamanya seorang pemain yang ball hog itu buruk B-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar